Ukuran lapangan sepak takraw

Ukuran lapangan sepak takraw, teknik dasar dan sejarahnya (Lengkap)

Permainan sepak takraw

Mengetahui ukuran lapangan sepak takraw secara lengkap beserta teknik dasar dan sejarah awal olahraga ini hingga masuk ke Indonesia. Sepak takraw adalah olahraga yang cukup populer di kawasan Asia tenggara. Olahraga ini menggabungkan 2 unsur olahraga menjadi satu yaitu sepak bola dan voli.

Permainan takraw dimainkan oleh tiga orang pemain dalam satu tim dan dibagi menjadi dua regu. Cara main sepak takraw adalah dengan memainkan bola menggunakan kaki dan melambungkan nya melewati net yang menjadi pembatas di lapangan.

Sejarah sepak takraw

Permainan sepak takraw memiliki sejarah yang cukup panjang. Olahraga ini diketahui merupakan sebuah permainan yang telah ada sejak zaman kesultanan Melayu sekitar tahun 634 sampai 713 Masehi.

Dalam bahasa Melayu permainan sepak takraw disebut juga sepak raga. Permainan sepak takraw pertama kalinya dimainkan pada abad ke-15 dan namanya masih sepak raga.

Sejarah sepak takraw

Setelah itu, nama sepak raga berubah menjadi sepak takraw yang mengkombinasikan kan dua bahasa yaitu Melayu dan Thailand. Kata “sepak” berasal dari bahasa Melayu yang artinya menendang. Sedangkan “takraw” berasal dari bahasa Thailand yang memiliki makna sebuah bola yang dianyam.

Jadi sepak takraw merupakan sebuah olahraga dengan cara menendang bola yang dianyam. Penamaan sepak takraw yang diambil dari bahasa Thailand dan Melayu memang menjadi salah satu tonggak sejarah dari awal ditemukannya olahraga ini.

Setelah ditemukannya sepak takraw olahraga ini semakin menyebar khususnya di negara Asia tenggara. Sepat takraw mulai masuk ke negara kita Indonesia tepatnya di tahun 1970-an. Bangsa Melayu dan Singapura lah yang pertama kali mengenalkan olahraga sepak takraw ke Indonesia

Induk olahraga sepak takraw di Indonesia didirikan pada tahun 1971 dengan nama PERSERASI. Dan untuk pertama kalinya kejuaraan sepak takraw tingkat Nasional diselenggarakan pada tahun 1980. 

Event ini telah menandakan bahwa olahraga sepak takraw semakin dikenal di Indonesia. Dan hingga saat ini sepak takraw juga masuk dalam salah satu olahraga yang dipertandingkan dalam sea games.

Ukuran lapangan sepak takraw

Ukuran lapangan sepak takraw

Sepak takraw menggunakan sebuah lapangan yang berbentuk persegi panjang. Di dalam lapangan sepak takraw juga terdapat beberapa garis atau lingkaran.

Garis dan lingkaran tersebut memiliki fungsi dan ukuran tertentu yang sudah disesuaikan dengan standar. Berikut beberapa rincian ukuran lapangan sepak takraw standar yang bisa digunakan dalam pertandingan Nasional:

  • Lapangan sepak takraw standar memiliki ukuran lebar 6,1 m.
  • Panjang lapangan sepak takraw standar adalah 13,42 m.
  • Ukuran tinggi bebas rintangan dalam lapangan sepak takraw yaitu 7,32 m.
  • Garis tengah yang terdapat dalam lapangan sepak takraw memiliki tebal sekitar 3,8 cm.
  • Dalam lapangan sepak takraw terdapat dua buah lingkaran masing-masing area setengah lapangan. Kedua lingkaran ini digunakan untuk melakukan servis. 
  • Selain lingkaran, di dalam lapangan sepak takraw juga terdapat 4 buah perempat lingkaran. Empat perempat lingkaran ini memiliki jari-jari tengah sekitar 90 cm dan tebal garis 3,8 cm.

Ukuran net sepak takraw

Sama seperti permainan bola voli, di dalam olahraga takraw juga menggunakan net sebagai pembatas sekaligus penghalang bola.

Net sepak takraw ini merupakan sebuah jaring yang disandarkan pada dua buah tiang di bagian kiri dan kanan. Net sepak takraw terletak di tengah dan memiliki ketinggian 1,55 m dari lantai.

Untuk jarak antara tiang dan garis pembatas samping dari net sepak takraw sekitar 31 cm. Umumnya net yang digunakan dalam sepak takraw terbuat dari nilon yang dianyam.

Net tersebut harus kuat dan bisa menahan bola, mengingat dalam permainan sepak takraw smash yang dilakukan cukup keras karena menggunakan teknik salto.

Ukuran bola sepak takraw

Ukuran bola sepak takraw

Bola yang digunakan dalam sepak takraw adalah sebuah anyaman yang biasanya terbuat dari rotan atau plastik. Untuk pertandingan sepak takraw tradisional biasanya lebih menggunakan rotan.

Sedangkan pada event Internasional maupun Nasional biasanya bola yang digunakan terbuat dari bahan plastik. Bola yang digunakan untuk pertandingan sepak takraw tentunya harus standar.

Bola sepak takraw yang sesuai standar memiliki diameter sekitar 41 hingga 43 cm. Biasanya di dalam bola tersebut terdapat setidaknya 12 buah lubang. Berat bola sepak takraw berkisar antara 160 hingga 180 gram. 

Jumlah pemain sepak takraw

Umumnya permainan sepak takraw dilakukan oleh 3 orang dalam satu tim sehingga total pertandingan sepak takraw membutuhkan 6 orang. 

Rincian 3 orang tersebut 2 orang bertindak sebagai apit kanan dan kiri, dan 1 orang bertugas sebagai tekong (pemain yang ditugaskan untuk melakukan servis).

Meskipun demikian, terkadang permainan sepak takraw juga bisa dilakukan dengan jumlah pemain hingga 4 orang. Permainan sepak takraw dengan menggunakan 4 orang pemain ini secara umum lebih jarang dilakukan.

Peraturan sepak takraw

Setelah anda mengetahui ukuran lapangan sepak takraw beserta sejarah yang mendasari terbentuknya olahraga ini sekarang kita akan mencari tahu aturan mainnya. Berikut beberapa rincian aturan dari permainan sepak takraw secara umum:

Ketentuan Lapangan sepak takraw

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa permainan sepak takraw membutuhkan sebuah lapangan standar yang berbentuk persegi panjang. Lapangan ini memiliki ukuran khusus yang telah ditentukan. 

Lapangan sepak takraw harus memiliki permukaan yang empuk atau minimal tidak terlalu keras. Hal ini dikarenakan dalam permainan sepak takraw smash dilakukan dengan cara salto. Sehingga lapangan yang terbuat dari cor semen dikhawatirkan dapat membahayakan pemain saat gagal melakukan salto.

Aturan servis sepak takraw

Dalam permainan sepak takraw servis dilakukan oleh pemain yang diberikan tugas khusus yang bernama Tekong. Biasanya pemain yang bertugas sebagai tekong memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi dibandingkan kedua rekan lainnya.

Seorang tekong harus melakukan servis dari lingkaran yang berada di masing-masing area lapangan sepak takraw. Jika servis dilakukan tidak di dalam lingkaran maka akan terjadi pelanggaran.

Selain itu, servis juga harus dilakukan dengan cara rekan setim melemparkan bola dari arah perempat lingkaran yang berada di bagian kanan area pertandingan. 

Jumlah pemain sepak takraw

Permainan sepak takraw standar umumnya dilakukan oleh 3 orang. Biasanya hanya terdapat satu pemain cadangan dalam permainan sepak takraw.

Ketiga orang pemain tersebut masing-masing bertindak sebagai tekong (juru servis), apit kanan dan apit kiri.

Pelanggaran dalam sepak takraw

Ada beberapa hal yang tidak diperbolehkan dalam permainan sepak takraw diantaranya adalah:

  • Menyentuh net baik menggunakan tangan kaki atau badan.
  • Seorang pemain menerobos net entah itu dari bawah ataupun dari atas.
  • Mencegat bola yang belum memasuki area permainan sendiri.
  • Memegang bola dengan sengaja atau tidak.
  • Memainkan bola lebih dari tiga kali.

Teknik dasar permainan sepak takraw

Teknik dasar permainan sepak takraw

Selain mengetahui peraturan permainan sepak takraw, hal yang paling penting adalah memahami teknik dasar dari sepak takraw.

Dengan mengetahui teknik dasar sepak takraw akan membuat anda lebih mudah dalam mempelajarinya serta mempraktekkannya dalam pertandingan. Penguasaan teknik dasar sepak takraw ini sangat penting terutama bagi Anda yang ingin serius belajar sepak takraw.

Berikut beberapa teknik dasar yang ada dalam permainan sepak takraw:

Teknik sepak kuda

Dalam permainan sepak takraw ada istilah sepak kuda atau sepak kura. Teknik ini merupakan sebuah cara menendang bola menggunakan punggung kaki. 

Teknik sepak kuda berguna untuk mengontrol bola atau mengambil bola yang rendah. Selain itu, teknik sepak kuda juga bisa dilakukan untuk melakukan serangan.

Sepak sila

Teknik sepak sila merupakan sebuah tendangan yang menggunakan kaki bagian dalam. Fungsinya hampir sama yaitu mengontrol bola sekaligus memberikan umpan kepada rekan setim.

Teknik sepak sila ini juga bisa berguna untuk melakukan serangan penempatan bola. Sepak sila bisa dikatakan menjadi salah satu teknik dasar sepak takraw yang wajib dikuasai terutama untuk pemula yang baru belajar mengontrol bola.

Sepak simpuh

Selanjutnya ada istilah sepak simpul yang merupakan sebuah teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar atau samping luar. Teknik ini umumnya digunakan untuk menghalau serangan lawan.

Sepak simpuh juga bisa digunakan untuk mengontrol bola atau menyelamatkan bola hasil dari smash lawan. 

Heading atau menggunakan kepala

Karena permainan sepak takraw hampir mirip dengan sepak bola, di sini kita juga mengenal istilah heading. Teknik heading bisa digunakan untuk mengontrol bola sekaligus mengoper Nya kepada rekan.

Teknik heading bisa dilakukan saat bola melambung tinggi. Biasanya heading dilakukan untuk menerima serangan lawan yang memungkinkan untuk ditangkap menggunakan kepala.

Meskipun sedikit jarang, teknik heading bisa dilakukan untuk melakukan serangan kejutan. Walaupun tidak begitu keras teknik heading biasanya mampu mengecoh serta memberikan serangan kejutan yang tidak terduga kepada lawan.

Teknik mendada

Sesuai namanya mendada merupakan sebuah teknik di sepak takraw yang digunakan untuk mengontrol bola menggunakan dada. Tentu saja teknik ini hanya digunakan untuk mengontrol bola saja dan tidak bisa digunakan untuk menyerang atau bertahan.

Membahu

Teknik membahu biasanya agak jarang digunakan tetapi bisa digunakan untuk mengontrol bola. Membahu dalam sepak takraw terkadang juga bisa digunakan untuk menghalau bola serangan dari lawan.

Dalam permainan sepak takraw serangan bisa sangat mendadak dan cepat. Sehingga beberapa bagian tubuh sangat dibutuhkan untuk menghalau bola termasuk menggunakan bahu.

Teknik memaha

Dalam olahraga sepak takraw kontrol yang baik sangat diperlukan sehingga beberapa teknik lebih banyak difungsikan untuk mengontrol bola. Salah satunya adalah memaha. 

Kontrol bola menggunakan paha relatif lebih mudah dilakukan dan cukup efektif untuk menghalau bola yang tidak begitu keras.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai ukuran lapangan sepak takraw serta teknik dasar dan sejarah lengkapnya. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda seputar dunia olahraga.

Leave a Comment