Ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis lengkap dengan gambar

Ukuran lapangan bulu tangkis mini

Ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional disertai dengan gambar serta aturan main dalam pertandingan bulu tangkis. Salah satu jenis olahraga yang Cukup digemari oleh masyarakat Indonesia adalah bulu tangkis. Prestasi bulu tangkis Indonesia sendiri di Kancah Internasional juga cukup baik.

Ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional disertai dengan gambar serta aturan main dalam pertandingan bulu tangkis. Salah satu jenis olahraga yang Cukup digemari oleh masyarakat Indonesia adalah bulu tangkis. Prestasi bulu tangkis Indonesia sendiri di Kancah Internasional juga cukup baik.

Bahkan bersama China Indonesia bisa dikatakan menjadi negara yang cukup mendominasi olahraga bulu tangkis. Bagi anda penggemar olahraga bulu tangkis Pernahkah mengetahui Berapa ukuran lapangan bulu tangkis?

Dalam artikel kali ini kita akan membahas seluk beluk olahraga bulu tangkis terutama dari ukuran lapangan, tinggi net, dan berbagai macam hal seputar permainan bulu tangkis. 

Mengetahui ukuran pasti dari lapangan bulu tangkis tentu sangat penting sekali terutama bagi anda calon atlet. Karena Terbiasa bermain dengan ukuran lapangan yang tidak standar akan membuat Anda kesulitan ketika harus bertanding di kejuaraan resmi.

Beda cerita jika anda bermain bulu tangkis hanya sekedar berolahraga tanpa ada tujuan untuk menjadi atlet profesional. Meskipun demikian, tetap penting untuk mengetahui beberapa hal seputar olahraga yang satu ini termasuk ukuran lapangan tentunya.

Permukaan lapangan bulu tangkis

Lantai lapangan bulu tangkis

Lapangan bulu tangkis harus memiliki permukaan yang datar sehingga membuat pemain lebih mudah bergerak. Selain itu, permukaan lapangan bulu tangkis yang datar juga akan membuat pemain lebih nyaman dan terhindar dari masalah cedera.

Lapangan bulu tangkis umumnya berwarna dasar hijau atau biru dengan garis putih. Meskipun demikian, terkadang lapangan bulu tangkis juga bisa berwarna coklat atau hampir sama dengan warna kayu.

Tetapi yang paling penting adalah warna permukaan lapangan bulu tangkis harus berbeda dengan garis yang mengelilinginya. Jadi umumnya warna dasar dari lapangan bulu tangkis didominasi dengan warna gelap. Karena hampir pasti garis yang digunakan berwarna putih.

Untuk bahan baku yang digunakan di lantai lapangan bulu tangkis cukup bervariasi. Tetapi umumnya bahan yang lebih lunak sangat direkomendasikan untuk menghindari cedera saat pemain jatuh.

Permukaan dengan bahan seperti kayu atau matras bisa digunakan untuk lapangan bulu tangkis standar. Walaupun demikian terkadang lapangan bulu tangkis juga bisa berbahan dasar lantai cor.

Bentuk lapangan bulu tangkis

Secara umum lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan permukaan warna hijau dengan garis putih. Garis putih lapangan bulu tangkis biasanya memiliki ukuran 40 mm dan diwajibkan kontras dengan warna dasar dari lantai.

Warna kontras ini bertujuan untuk memudahkan pemain melihat apakah bola keluar atau masuk. Oleh sebab itu biasanya lapangan bulu tangkis tidak disarankan menggunakan permukaan dengan warna cerah seperti kuning muda, atau hijau muda karena dikhawatirkan berbaur dengan warna garis.

Ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis standar

Bulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan sebuah lapangan berbentuk persegi panjang. Dalam lapangan bulu tangkis juga terdapat beberapa komponen termasuk net, garis dan sebagainya untuk menunjang permainan.

Ukuran lapangan bulu tangkis tentunya sudah ditentukan oleh BWF (Badminton World Federation) yang merupakan federasi badminton/bulu tangkis Internasional.

Sedangkan di Indonesia kita memiliki PBSI atau Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia. Untuk selengkapnya berikut ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional yang telah disetujui oleh BWF:

  • Lapangan bulu tangkis standar memiliki lebar 6,1 km.
  • Panjang lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional adalah 13,40 m.
  • Untuk jarak garis servis depan hingga ke garis net yaitu 1,98 m.
  • Sedangkan untuk jarak antara garis servis Tengah dengan garis samping lapangan yaitu 3,05 meter.
  • Untuk jarak garis servis bagian belakang dalam permainan ganda dari garis belakang lapangan harus 0,76 m.
  • Sedangkan untuk jarak antara garis samping permainan tunggal hingga ke garis pinggir lapangan yaitu 0,46 m.

Selain standar ada juga ukuran lapangan badminton yang diperuntukkan bagi anak-anak di bawah usia 9 tahun. Tentu saja ukuran lapangan serta netnya juga disesuaikan dengan tubuh anak kecil.

Biasanya ukuran lapangan permainan bulu tangkis Mini memiliki panjang 10,05 M dengan lebar 4,4 m.

Bidang lapangan bulu tangkis

Bidang lapangan bulu tangkis

Di lapangan bulu tangkis terdapat beberapa garis yang tentunya memiliki fungsi berbeda. Garis di lapangan bulutangkis umumnya digunakan untuk menerima servis serta untuk permainan tunggal dan ganda.

Pada bagian samping terdapat dua garis garis dalam dan garis luar. Di bagian belakang juga terdapat dua garis pula.

Garis dalam bagian samping diperuntukkan bagi permainan tunggal. Sedangkan garis di lapangan bulu tangkis bagian luar diperuntukkan bagi permainan ganda, baik ganda campuran maupun ganda biasa.

Umumnya dalam kejuaraan bulu tangkis resmi setidaknya terdapat hingga 5 nomor yang dipertandingkan yaitu:

  • MS : merupakan kepanjangan dari men single yang artinya partai tunggal putra. Di partai ini yang dipertandingkan hanya satu orang pemain putra.
  • MD: men double merupakan sebuah pertandingan bulu tangkis di mana satu tim terdiri dari 2 orang ganda putra.
  • WS : adalah kepanjangan dari women single atau pertandingan tunggal putri.
  • WD : kepanjangan dari women double atau ganda putri.
  • MD : dan pertandingan bulutangkis yang terakhir adalah mixed double atau ganda campuran yang satu tim biasanya terdiri dari seorang laki-laki dan perempuan.

Ukuran net permainan bulu tangkis

Salah satu komponen yang wajib ada dalam lapangan bulu tangkis adalah net itu sendiri. Net dalam permainan bulu tangkis juga harus sesuai standar karena jika tidak akan menyulitkan anda dalam proses latihan nantinya.

Umumnya net dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah jaring yang digunakan untuk menahan bola agar tidak masuk ke area lawan. Net yang digunakan dalam olahraga bulu Tangkis juga merupakan sebuah pemisah antara garis permainan masing-masing pemain.

Ukuran net permainan bulu tangkis ini berlaku untuk putra maupun Putri termasuk juga untuk permainan ganda. Berikut rincian ukuran net dalam lapangan bulu tangkis yang sesuai standar federasi badminton Internasional:

  • Umumnya tinggi tiang net dalam lapangan bulu tangkis adalah 1,55 m.
  • Sedangkan untuk Ukuran tinggi net itu sendiri yaitu 1,524 m.
  • Panjang net bulu tangkis yaitu 6, 10 meter
  • Lebar net bulu tangkis 0,75 m.
  • Pada bagian Puncak net bulu tangkis biasanya terdapat sebuah batasan putih dengan lebar 7,5 meter.

Ukuran shuttlecock bulu tangkis

Selain lapangan dan net, shuttlecock merupakan salah satu peralatan bulu tangkis yang wajib ada. Shuttlecock dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah bola yang terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun sehingga membentuk sebuah kerucut terbuka.

Bagian pangkal dari shuttlecock ini biasanya terbuat dari gabus sehingga permukaannya lebih empuk. Kata kok sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu cock yang memiliki arti ayam jantan. 

Karena dulunya penggunaan shuttlecock awalnya memang berasal dari bulu ayam. Tetapi saat ini penggunaan shuttlecock diubah menjadi bulu angsa karena dinilai lebih baik dalam menjaga keseimbangan bola.

Kata cock juga mengalami perubahan karena dianggap memiliki konotasi yang buruk. Sehingga saat ini bola dalam permainan bulu tangkis disebut sebagai shuttlecock.

Ada beberapa kriteria standar shuttlecock yang digunakan dalam permainan bulu tangkis berikut diantaranya:

  • Shuttlecock harus memiliki 16 buah bulu.
  • Sebuah bulu dalam shuttlecock juga harus memiliki panjang yang sama yaitu sekitar 62 mm sampai 70 mm.
  • Ujung dari bulu shuttlecock tersebut juga harus membentuk sebuah lingkaran. dengan panjang diameter sekitar 58 mm dan 68 mm.
  • Semua bulu tersebut juga harus disusun dengan kuat dan tidak mudah patah.
  • Pangkal harus berbentuk setengah bola dengan diameter panjang 25 mm hingga 28 mm.
  • Keseluruhan berat shuttlecock tidak boleh lebih dari 5,50 gram, biasanya sekitar 4,47 gram lebih.

Selain shuttlecock yang terbuat dari bulu, ada juga penggunaan Shuttlecock yang terbuat dari bahan plastik. Penggunaan shuttlecock  plastik ini biasanya hanya untuk tujuan latihan atau pertandingan tidak resmi.

Karena untuk semua pertandingan Resmi yang diselenggarakan oleh BWF harus menggunakan shuttlecock berbahan bulu.

Ketentuan raket bulu tangkis

Penggunaan raket dalam permainan bulu tangkis awalnya berbahan kayu. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman penggunaan bahan untuk raket bulu tangkis biasanya berbahan serat karbon.

Gagang raket

Raket berbahan serat karbon dianggap lebih ringan dan memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis logam. Serat karbon saat digunakan sebagai raket dalam bulu tangkis juga dianggap memiliki energi kinetik yang mumpuni sehingga membuat pukulan menjadi lebih kencang.

Tidak ada ketentuan standar mengenai berat dari raket untuk permainan bulu tangkis. Raket yang baik biasanya memiliki berat yang ringan tetapi dengan tenaga yang kuat.

Tingkat berat raket bulu tangkis biasanya ditentukan oleh kode U. Semakin besar nilai U dalam raket bulu tangkis menandakan jika raket tersebut sangat ringan.

Senar raket

Senar merupakan bagian terpenting dalam raket bulu tangkis. Senar yang berkualitas tentu akan bisa menunjang kekuatan raket itu sendiri.

Senar raket bulu tangkis memiliki jenis dan ciri-ciri yang berbeda tentunya. Dari berbagai jenis tersebut tentu memiliki tingkat keawetan serta kinerja yang berbeda pula.

Kebanyakan senar yang digunakan dalam raket bulu tangkis memiliki tebal sekitar 21 dan diuntai dengan keeratan sekitar 18 hingga 30 + lb.

Pemilihan jenis senar tergantung pada selera masing-masing pemain bulu tangkis. Dan tentunya senar juga akan mempengaruhi karakteristik permainan.

Peraturan pertandingan bulu tangkis

Setelah anda mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai standar Nasional dan Internasional, salah satu hal terpenting yang juga perlu Anda ketahui adalah sistem pertandingan itu sendiri. 

Mengetahui peraturan serta sistem pertandingan tentu sangat penting sekali terutama bagi Anda yang ingin belajar serius permainan bulu tangkis. 

Peraturan permainan tunggal

Dalam permainan bulu tangkis partai tunggal ada beberapa aturan yang harus anda ketahui di antaranya adalah:

  • Seorang pemain akan melakukan servis pada bidang kanan saat berada pada poin 0 atau angka genap lainnya termasuk 2, 4, 6 dan seterusnya. 
  • Sedangkan service akan dilakukan dari bidang kiri saat seorang pemain berada dalam angka yang ganjil seperti 1, 3, 5 dan seterusnya.
  • Setiap penambahan poin atau angka maka posisi bidang servis juga akan berubah.

Peraturan permainan ganda

Secara umum permainan ganda dalam pertandingan bulu tangkis hampir sama dengan partai tunggal. Akan tetapi ada beberapa hal yang membedakannya diantaranya adalah:

Dalam partai ganda garis lapangan yang digunakan pada bagian samping adalah yang paling ujung. Jadi ukuran lapangan bulu tangkis untuk partai ganda sedikit lebih lebar dibandingkan partai tunggal.

Akan tetapi ini hanya berlaku untuk lebarnya sedangkan untuk panjang dari lapangan masih tetap sama. Selain itu, dalam pertandingan ganda seorang pemain boleh bergantian berada di depan atau belakang tanpa ada aturan khusus. 

Sistem perhitungan poin bulu tangkis

Umumnya pertandingan badminton atau bulu tangkis menggunakan format 2 kali kemenangan atau maksimal 3 set. 

Jadi jika salah satu pemain atau tim memenangkan sebuah game dua kali berturut-turut maka pemain tersebut dinyatakan menang. Jumlah poin dalam satu set pertandingan bulu tangkis yaitu 21 rally point. 

Peraturan servis dalam bulu tangkis

Dalam permainan bulu tangkis servis dilakukan dengan aturan dan tata tertib yang telah ditentukan. Jadi anda tidak boleh begitu saja melakukan servis. Berikut beberapa aturan khusus saat melakukan servis dalam pertandingan bulu tangkis:

  • Aturan pertama dalam melakukan servis adalah daun raket harus berada di posisi bawah dengan gagang atau pegangan berada di atas.
  • Posisi daun raket saat melakukan servis di pertandingan bulu tangkis tidak boleh di atas pinggang.
  • Saat melakukan servis seorang pemain tidak diperbolehkan berada di luar kotak area servis.
  • Pada waktu melakukan servis kaki kiri tidak diperbolehkan bergerak. Jadi servis harus dilakukan dengan posisi kaki seperti semula.
  • Selain itu, servis dalam permainan bulu tangkis juga tidak boleh dilakukan dengan cara melompat.
  • Posisi kaki kanan boleh bergeser tetapi tidak boleh diangkat dari lantai.
  • Pemain yang menerima servis diperbolehkan bergerak setelah servis dilakukan oleh pemain lawan.

Kesalahan dalam melakukan servis

  • Mengangkat kaki saat melakukan servis di permainan bulu tangkis.
  • Servis dilakukan dengan mengangkat daun raket lebih dari pinggang.
  • Servis dilakukan dengan cara melompat.
  • Melakukan servis di luar kotak yang telah ditentukan. 
  • Menjatuhkan bola servis di area depan garis pertahanan lawan. Seharusnya bola diarahkan secara menyilang berada di kotak di mana pemain menerima servis.

Pelanggaran dalam permainan bulu tangkis

Ada beberapa aturan khusus dalam pertandingan bulu tangkis sehingga jika dilanggar akan mendapatkan sanksi atau pemberian point kepada lawan. Beberapa pelanggaran dalam permainan bulu tangkis tersebut diantaranya adalah:

  • Memukul shuttlecock saat masih belum menyeberang ke area sendiri.
  • Melakukan servis dengan tidak sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Memukul shuttlecock dua kali secara beruntun.
  • Memprovokasi lawan melalui sebuah perbuatan atau perkataan.
  • Melakukan servis di luar garis batas lapangan bulu tangkis. Biasanya servis dilakukan terlalu kedepan.
  • Menyentuh jaring net saat pertandingan berlangsung. Seorang pemain tidak diperkenankan menyentuh net baik itu menggunakan tangan ataupun raket.
  • Raket pemain melebihi area sendiri atau melewati batas/net saat melakukan pukulan.

Kesimpulan

Mengetahui aturan main serta ukuran lapangan bulu tangkis secara pasti sangat penting sekali terutama bagi anda calon atlet bulu tangkis.

Selain itu, bagi anda yang ingin mencoba membangun lapangan bulu tangkis sangat perlu memperhatikan beberapa pedoman di atas. Sehingga anda tidak salah dalam menentukan ukuran serta dimensi dari lapangan bulu tangkis yang nantinya akan anda buat.

Ukuran lapangan bulu tangkis single dan ganda di atas sudah sesuai dengan pedoman dari federasi bulu tangkis Internasional.




Leave a Comment