Ukuran lapangan basket

Ukuran lapangan basket standar Nasional dan Internasional + gambar

Ukuran lapangan basket standar Nasional yang sesuai dengan pedoman FIBA selaku induk olahraga basket Internasional. Pastinya kita semua sudah mengenal olahraga basket. Olahraga ini memang sangat populer terutama di Amerika serikat dan bahkan bisa dikatakan menjadi olahraga wajib di sana.

Di Indonesia sendiri meskipun permainan basket tidak setenar sepak bola akan tetapi olahraga ini cukup diminati terutama oleh kalangan muda. Selain menarik untuk dimainkan, olahraga basket juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang patut Anda pertimbangkan sebagai olahraga rutin.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lengkap mengenai ukuran lapangan basket serta hal-hal yang terkait dengan olahraga ini. Jadi bagi Anda yang tertarik dengan basket maka harus membaca artikel ini sampai habis ya.

Ukuran lapangan basket standar

Ukuran lapangan basket standar

Lapangan basket memiliki bentuk persegi panjang dengan ketentuan ukuran sebagai berikut:

  • Lapangan bola basket standar umumnya memiliki panjang 26 m. Ukuran ini sudah sesuai dengan standar FIBA atau induk olahraga basket Internasional.
  • Lebar lapangan basket adalah 14 m
  • Untuk ukuran jari-jari di lingkaran pusat dari lapangan basket standar Internasional adalah 1,80 m
  • Jarak lingkaran pada area tembakan tiga angka di lapangan bola basket yaitu 6,25 m
  • Lebar garis yang ada di lapangan bola basket adalah 5 cm
  • Tinggi ring basket yang biasa digunakan untuk pertandingan dewasa adalah 3,05 m 

Ukuran dan ketentuan papan pantul bola basket

Ring basket

Di dalam lapangan basket juga terdapat sebuah papan pantul yang memiliki ukuran khusus yang telah disesuaikan dengan standar. Berikut beberapa rincian dari ketentuan papan pantul yang digunakan dalam permainan basket:

  • Papan pantul di lapangan basket memiliki ketentuan panjang 1,80 meter dengan lebar 1,05 meter. 
  • Ukuran papan pantul di bagian dalam memiliki lebar 0,45 m dan panjang 0,59 m
  • Tebal papan pantul sekitar 3 cm
  • Untuk jarak antara papan pantul bagian bawah hingga ke ring basket yaitu 0,30 m
  • Sedangkan jarak pada papan pantul bagian bawah hingga ke lantai yaitu 2,75 m
  • Ring bola basket memiliki diameter 0,40 m
  • Untuk ukuran tiang penyangga sampai ke garis akhir yaitu 1 m

Ukuran bola basket

Bukan hanya ukuran lapangan basket saja yang sesuai standar, tetapi juga bola yang digunakan. Bola basket standar harus memiliki berat tidaknya 600 hingga 650 gram.

  • Setelah itu, keliling dari bola basket biasanya berkisar antara 75 hingga 78 cm.
  • Lapisan bagian luar yang digunakan dalam pembuatan bola basket biasanya berbahan kulit dan lentur.
  • Sedangkan untuk lapisan bagian dalam dari bola basket umumnya terbuat dari karet.
  • Saat bola dijatuhkan dari ketinggian 1,8 m pantulan pertama dari bola tersebut adalah 1,2 hingga 1,4 meter.

Posisi pemain di pertandingan basket

Posisi pemain basket

Setelah kita mengetahui ukuran lapangan basket standar Internasional maka kali ini kita akan mencari tahu seputar posisi pemain basket. Dalam permainan basket, tentu setiap pemain memiliki peran dan posisi masing-masing.

Posisi dari pemain basket tersebut disesuaikan dengan kemampuan serta keahliannya. Nah bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai olahraga basket khususnya posisi pemainnya. Berikut beberapa posisi pemain basket yang perlu Anda ketahui:

Point guard

Salah satu posisi pemain basket yang cukup penting adalah seorang point guard. Pemain basket yang mendapat tugas sebagai point guard harus memiliki kemampuan sebagai pengatur serangan yang mumpuni.

Pemain ini sangat penting sekali dalam sebuah tim basket karena selain sebagai pengatur serangan seorang point guard juga harus bisa menjaga irama pertandingan. Fungsi seorang point guard ini dalam permainan sepak bola hampir mirip dengan playmaker.

Tugas utama seorang point guard dalam permainan basket adalah memberikan umpan kepada rekan setim. Kemampuan passing yang baik sangat diperlukan bila anda ingin menjadi seorang pemain yang menempati posisi ini.

Shooting guard

Dari namanya pasti anda sudah tahu jika pemain yang bertugas melakukan tembakan terutama dari jarak yang jauh. Tentu saja seorang shooting guard harus pandai dalam mencari posisi yang baik dalam melakukan tembakan.

Selain itu, tembakan yang dilakukan oleh seorang shooting guard harus tepat serta akurat untuk bisa memberikan poin pada tim. Seorang shooting guard biasanya diisi oleh pemain yang memang memiliki kemampuan menembak yang bagus.

Small forward

Small forward bisa dikatakan adalah strikernya basket. Pemain ini harus lincah dan memiliki kemampuan yang baik dalam menerobos pertahanan lawan. Kemampuan lay up atau dang pemain yang mendapat posisi sebagai small forward sangat penting sekali.

Seorang small forward biasanya diisi oleh pemain yang memang memiliki kemampuan mencetak angka yang hebat serta punya teknik yang bagus dalam memainkan bola.

Power forward

Power forward adalah seorang pemain yang bertugas untuk merebound bola. Di daerah pertahanan, rebound bola sangat penting sekali untuk mencegah bola kembali berada di tangan lawan.

Sedangkan di area pertahanan musuh rebound bola sangat diperlukan untuk kembali menciptakan peluang. Perlu Anda ketahui bahwa rebound adalah bola liar atau kembalian bola yang ditembakkan oleh lawan.

Karena salah satu tugas utama dari power forward adalah meraih bola liar maka dia harus memiliki tubuh yang tinggi atau lompatan yang tinggi untuk bisa meraih bola. Selain itu, tubuh yang kuat juga diperlukan untuk bisa berebut bola dengan lawan.

Center 

Seorang pemain yang menempati posisi center memiliki tugas ganda yaitu sebagai pemain bertahan sekaligus menyerang. Sebagai seorang defender atau pemain bertahan di harus bisa mengamankan ring dari serangan lawan. 

Terutama dari tembakan seperti lay up atau dang dari musuh. Sedangkan seorang center yang bertugas di posisi penyerangan harus bisa melihat posisi rekannya sehingga dia mampu memberikan umpan yang manis. 

Tidak jauh berbeda dengan power forward, seorang center juga harus memiliki fisik yang kuat untuk bisa berebut bola di udara dengan lawan.

Istilah dalam posisi pemain basket

Istilah dalam posisi pemain basket

Dalam permainan basket ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

General floor

Dalam permainan basket seorang general floor digunakan untuk menyebut seorang poin guard atau paraguard lainnya. Pemain ini memiliki peran penting terutama dalam mendistribusikan bola dan mengatur taktik serangan.

General floor terkadang juga disematkan pada seorang pemain combo guard dimana keduanya sama-sama memiliki peran handling bola. 

Wings

Wing atau sayap merupakan seorang pemain basket yang memiliki posisi di parimeter area. Biasanya pemain yang menempati posisi ini adalah dua tipe pemain seperti shooting guard dan small forward.

Selain itu, seorang Winger juga seringkali bergerak pada area corner serta masuk ke dalam elbow area. Wing sangat diperlukan terutama bagi sebuah tim yang ingin memiliki kreativitas dalam menyerang.

Swingman

Istilah swingman disematkan bagi seorang pemain yang mampu mengisi dua tempat dalam permainan basket. 2 posisi tersebut diantaranya adalah shooting guard dan small forward. 

Kedua tugas ini sebenarnya hampir sama sehingga kebanyakan pemain yang bisa bermain di small forward biasanya juga mampu bertindak sebagai seorang shooting guard. Dan pemain yang bisa melakukannya disebut sebagai swingman.

Pivot

Dalam Olahraga basket pivot merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk seorang pemain yang menjadi pusat pergerakan bola dalam permainan basket. Pivot bisa digunakan untuk menggambarkan peran seorang center dalam olahraga ini.

Seringkali pivot juga disebut sebagai titik pacu dalam olahraga basket karena pemain ini sangat dibutuhkan terutama untuk menjalankan sebuah strategi.

Combo guard 

Dalam permainan basket combo guard merupakan sebuah istilah yang disematkan pada seorang pemain yang bertindak sebagai point guard tetapi memiliki kemampuan handling layaknya shooting guard begitu juga sebaliknya.

Jadi bisa dikatakan combo guard adalah pemain basket yang bisa menjalankan dua tugas sekaligus. Tentu pemain tipe seperti ini harus multitalenta dan memiliki kemampuan yang cukup mumpuni.

Combo forward

Hampir mirip dengan combo guard, combo forward merupakan seorang pemain yang bisa menjalankan dua tugas sekaligus. Hanya saja bedanya dalam combo forward seorang pemain harus bisa menjalankan tugas sebagai power forward dan small forward.

Atau bisa dikatakan pemain ini bisa melakukan switching sesuai dengan kebutuhan tim bola basket tersebut. Seorang pemain basket yang bertindak sebagai combo forward harus memiliki tubuh yang kuat serta lincah dalam pergerakannya. 

Point forward

Poin forward disebut juga pemain depan yang memiliki kemampuan memainkan permainan layaknya seorang point guard. Pemain ini umumnya berada di depan dan memiliki kemampuan penyelesaian yang baik. 

Selain itu, dia juga harus bisa memberikan umpan yang akurat pada rekan setim yang bisa dikonversi menjadi point. Seorang pemain yang bertindak sebagai point point forward harus memiliki court vision yang baik di antara rekan setim lainnya.

Bigman

Bigmen bukan berarti adalah seorang pemain yang memiliki tubuh besar dan kuat. Tetapi bigmen adalah sebuah istilah yang digunakan untuk pemain basket yang mampu menempati dua posisi sekaligus yaitu center dan power forward.

Kedua posisi ini secara umum memiliki karakteristik yang hampir sama sehingga bisa dilakukan oleh satu orang pemain dengan kemampuan multi.

Umumnya seorang bigman harus bisa melakukan rebound dengan baik sekaligus ring protector. Bukan hanya itu seorang bigman juga harus memiliki keterampilan yang baik dalam mencetak angka terutama pada jarak dekat ring.

Sejarah olahraga basket

Sejarah olahraga basket

Banyak sumber menyebutkan bahwa permainan basket pertama kali ditemukan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891. Pada awal ditemukannya permainan basket tentu tidak sama seperti yang saat ini kita saksikan.

Pada kala itu, permainan basket masih belum menggunakan bola khusus seperti saat ini. Bola basket yang digunakan oleh Naismith pada kala itu hanya menggunakan bola sepak yang dilemparkan ke sebuah keranjang.

Penggunaan bola basket khusus baru dilakukan 3 tahun setelahnya. Jadi hingga saat ini setidaknya bola basket pertama kali digunakan setidaknya pada 126 tahun silam.

Permainan bola basket awalnya diciptakan oleh Naismith bertujuan agar para siswanya tetap bisa olahraga di dalam ruangan terutama di saat musim dingin. Meskipun di dalam ruangan, olahraga yang dibuat ini haruslah bisa mengkoordinasikan antara kecepatan mata, tangan, serta lompatan dan berlari. 

Akhirnya Dr. Naismith menemukan olahraga basket tersebut yang bisa mengkoordinasikan antara ke semuanya. Di dalam basket ketangkasan serta kemampuan menembak bola juga sangat diperlukan sehingga olahraga ini sangat cocok bagi mereka yang aktif bergerak.

Seiring berkembangnya waktu, permainan basket menjadi semakin inovatif Dengan dibuatnya aturan serta inovasi yang dilakukan oleh para tim basket. Ditambah lagi bola yang digunakan juga semakin disempurnakan mulai dari penggunaan bahannya serta ukuran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Sejarah berdirinya FIBA

Kejuaraan basket dunia

Setelah permainan basket semakin mendunia dan dikenal luas terutama di Amerika dan Eropa maka dibuatlah sebuah organisasi induk olahraga ini yang dikenal dengan FIBA atau Federation International De Basketball. 

FIBA didirikan oleh beberapa negara diantaranya seperti Yunani, Cekoslowakia, Argentina, Italia, Portugal, Latvia, Rumania dan Swiss tepatnya pada 18 Juni 1932. FIBA bermarkas di Jenewa, Swiss yang menjadi salah satu negara pendiri organisasi basket dunia.

Nah demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan basket serta sejarah lengkapnya yang mungkin masih belum Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan anda terutama seputar olahraga basket.

Kelahiran liga basket NBA

Kelahiran liga basket NBA

Saat ini NBA menjadi salah satu liga basket paling populer di dunia. NBA sebenarnya adalah Nasional Basketball Association yang merupakan kompetisi bola basket ternama dari Amerika.

Bahkan NBA memiliki ukuran lapangan basket tersendiri yang secara teknis sedikit berbeda dengan yang ditetapkan oleh FIBA. Ada banyak bintang yang lahir diantaranya adalah Kareem abdul-jabbar, Michael Jordan, lebron James, Stephen curry, hingga Kobe Bryant.

Sejarah basket di Indonesia

Setelah permainan basket mulai meluas di seluruh dunia akhirnya masuk juga ke negara kita Indonesia. Sejarah basket di Indonesia di mulai dari di bawanya olahraga ini oleh para imigran dari Cina di tahun 1920-an.

Para imigran Cina tersebut memperkenalkan sebuah olahraga yang saat ini kita kenal dengan permainan bola basket. Hingga tidak heran pada awalnya permainan basket memang lebih banyak didominasi oleh orang Tionghoa pada kala itu.

Bahkan permainan bola basket telah identik dengan orang Tionghoa dan yang memainkannya hanya mereka saja. Sedangkan rakyat Indonesia jarang sekali yang memainkan olahraga ini karena pada waktu itu masih dijajah oleh Belanda. Hingga para pemain basket lebih banyak berasal dari keturunan Tionghoa pada waktu itu.

Basket menjadi salah satu cabang olahraga di PON

Seiring meningkatnya kepopuleran olahraga basket di Indonesia membuatnya masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON atau Pekan Olahraga Nasional.

Permainan basket pertama kali masuk di salah satu cabang yang dipertandingkan dalam kejuaraan PON adalah di tahun 1948. Sayangnya pada waktu itu permainan basket hanya terbatas dimainkan oleh kaum pria saja dan wanita masih belum ada yang memainkannya.

Awal dibentuknya organisasi basket di Indonesia

Indonesia memiliki sebuah organisasi basket yang dinamakan persatuan bola basket seluruh Indonesia atau yang disingkat dengan PERBASI. Organisasi ini didirikan Pada tahun 1951 dan 2 tahun kemudian baru masuk menjadi anggota FIBA atau International Basketball Federation tepatnya di tahun 1953.

1 tahun kemudian untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan wakilnya di Asian games yang dilaksanakan di Manila. Kepopuleran permainan basket di Indonesia ditandai dengan dibentuknya sebuah liga bola basket profesional pria yang pada mulanya dinamakan Kobatama. 

Saat ini kejuaraan tersebut dinamakan NBL atau Nasional Basketball League Indonesia. Sedangkan liga basket untuk Putri dikenal dengan Womens National Basketball League atau WNNBL.

Awal dikenalkannya bola basket

Bola basket jaman dulu

Bola basket awalnya dibuat dari sebuah karet bulat yang dilapisi oleh beberapa panel dari kulit yang dijahit. Pada awalnya kulit ditempelkan ke sebuah kantong karet terlebih dahulu kemudian dibungkus dengan sebuah kain tipis. Bola inilah yang menjadi awal mula bola basket yang saat ini kita saksikan. 

Jauh-jauh hari sebelum permainan bola basket ditemukan seorang mantan pemain bisbol profesional kalau itu yang bernama Albert Goodwill spalding telah mendirikan sebuah perusahaan dan toko olahraga khususnya bisbol.

Toko olahraga tersebut diberi nama AG Spalding dan Brothers yang didirikan pada tahun 1876. Tokoh ini memproduksi berbagai macam bola untuk permainan baseball dan American football direntang tahun 1877 an. 

Naismith yang kenal baik dengan Albert goodwill spalding tersebut meminta kepada temannya untuk membuatkan sebuah bola basket. Dan kala itu bola basket yang dibuat oleh perusahaan spalding dan brother tersebut menjadi bola resmi yang digunakan untuk permainan basket.

Di tahun 1972 perusahaan spalding dan brothers untuk pertama kalinya memperkenalkan sebuah bola basket yang terbuat dari bahan sintetis. Dan di tahun 80-an dimana pada waktu itu telah memasuki masa kejayaan nya, spalding dijadikan sebagai bola resmi tepatnya pada tahun 1983. Sebelumnya NBA menggunakan bola Wilson untuk pertandingan mereka.

Leave a Comment