teknik dasar tenis meja

Teknik dasar tenis meja bagi pemula dari servis sampai smash

teknik dasar tenis meja

Teknik dasar tenis meja bagi pemula yang ingin belajar lebih banyak mengenai olahraga yang satu ini mulai dari bagaimana melakukan smash, push, sampai servis. Tenis meja merupakan olahraga yang cukup unik dan memiliki banyak teknik dalam permainannya. Hal ini dikarenakan dalam permainan tenis meja kemampuan mengolah bola termasuk kreativitas dalam melakukan spin atau putaran bola sangat penting sekali.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting dalam permainan tenis meja adalah kontrol yang baik dan penguasaan bola. Bagi pemula tentunya ini bukanlah perkara yang mudah, kecuali jika mengetahui teknik dasar bermain tenis meja. 

Kalaupun sudah mengetahui teknik dasarnya belum tentu bisa mempraktekkannya jika tidak melakukan latihan dengan rutin. 

Saat bermain tenis meja akurasi pukulan serta teknik memegang bet sangat diperlukan agar nantinya saat bermain bisa lebih mudah dan maksimal.  Nah bagi para pecinta olahraga tenis meja yang masih baru belajar artikel ini akan membantu menjelaskan bagaimana cara bermain tenis meja yang baik dengan teknik yang benar. 

Mengenal tenis meja lebih jauh

Tenis meja adalah olahraga yang diadaptasi dari permainan tenis lapangan sehingga cara mainnya hampir sama. Dalam permainan tenis meja permainan dilakukan dengan teknik yang menggunakan bola kecil dengan diameter sekitar 40 mm. 

Alat pemukul tenis meja disebut dengan bet yang berupa kayu yang dilapisi karet pada bagian luarnya. Sedangkan meja yang digunakan umumnya dibagi menjadi dua bagian dan dipisahkan dengan net.

Permainan tenis meja memiliki organisasi pertama kali pada tahun 1926 dengan nama ITTF atau International Table Tennis Federation. Organisasi ini didirikan dan diprakarsai oleh Dr George Lehman tepatnya di amerika serikat.

Sedangkan di Indonesia permainan tenis meja baru dikenal luas pada tahun 1930-an di mana pada awalnya permainan ini hanya dimainkan oleh orang belanda saja. Akan tetapi di tahun 1939 para pemain tenis meja di Indonesia mulai mendirikan sebuah organisasi tenis meja  yang diberi nama PPPSI atau Persatuan Pingpong Seluruh Indonesia.

Seiring berjalannya waktu organisasi dapat berubah nama menjadi persatuan tenis meja seluruh Indonesia yang dikenal dengan PTMSI hingga saat ini. Di tahun 1960 PTMSI secara resmi telah bergabung menjadi anggota TTFA atau Table Tennis Federation Of Asia.

Dengan bergabungnya organisasi tenis meja Indonesia dengan TTFA maka semakin banyak kejuaraan tenis meja yang diadakan di Indonesia pada tingkat Nasional seperti PON, PORDA, dan POMDA.

Teknik dasar tenis meja dalam memegang bet

Salah satu teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai oleh pemain pemula adalah dalam hal memegang bet atau raket yang digunakan memukul bola pingpong. Meskipun terlihat sederhana, teknik ini sangat penting sekali untuk menunjang permainan terutama bagi para calon atlet.

Karena salah dalam memegang bet akan menyulitkan proses latihan jangka panjang. Berikut beberapa jenis dan teknik yang baik dalam memegang bet:

Teknik dasar shakehand grip

teknik dasar tenis meja grip shakehand

Teknik shakehand grip merupakan teknik memegang bet yang paling banyak digunakan oleh para pemain tenis meja khususnya di eropa. Memegang bet dengan cara seperti ini biasanya sangat umum kita jumpai. Cara melakukannya hampir sama saat kita sedang berjabat tangan.

Teknik shakehand grip biasanya memiliki power atau kekuatan yang lebih baik terutama dalam melakukan pukulan backhand atau sisi belakang bet.  Cara melakukan teknik shakehand grip yang baik diantaranya adalah:

  • Pertama pegang bet seperti saat kita ingin berjabat tangan
  • Kemudian posisikan ibu jari pada bagian atas pegangan bet.
  • Sedangkan untuk posisi jari lainnya letakkan pada bagian bawah bet atau raket.
  • Khusus untuk jari telunjuk biasanya akan diposisikan sedikit terbuka seperti gambar.

Teknik semacam ini sangat umum di kalangan pemain tenis meja, dan akan memudahkan kita dalam membolak-balik bet saat melakukan pergantian dari pukulan forehand ke backhand.

Teknik dasar penhold grip

teknik dasar pegangan penhold

Cara memegang bet dalam permainan tenis meja yang kedua yaitu penhold grip. Teknik ini banyak digunakan oleh para pemain Asia khususnya China, Jepang dan Korea.

Sekilas teknik penhold grip memang sedikit aneh terutama bagi pemula. Tetapi bagi pemain profesional yang sudah menguasai teknik ini dengan baik maka permainannya tidak kalah bandingkan para pemain dengan pegangan shakehand.

Cara melakukan teknik penhold grip dengan baik

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memegang bet dengan menghadapkan pegangan ke arah atas dan bagian bulatan ke arah bawah.
  • Pegang bet menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seolah-olah kita sedang memegang pulpen.
  • Sedangkan jari lainnya bisa dibengkokkan atau diluruskan dan berada di bagian belakang bet.

Secara umum ada dua jenis penhold, pertama penholder tradisional yang biasanya hanya menggunakan bagian luar atau forehand dan hampir tidak menggunakan sisi backhandnya sama sekali.

Sedangkan yang kedua adalah penhold modern yang menggunakan sisi luar dan sisi belakang betnya (sama dengan pegangan shakehand).

Teknik dasar seemiller grip

Secara umum teknik seemiller grip sama dengan shakehand pada umumnya, hanya yang membedakan adalah posisi jari telunjuk berada di sepanjang sisi bagian bawah bet. Teknik ini banyak digunakan oleh para pemain Cina yang menganut shakehand grip.

  • Cara melakukan teknik seemiller grip dengan baik:
  • Pegang bet seperti saat anda melakukan pegangan shakehand biasa
  • Luruskan jari telunjuk di sepanjang sisi bet bagian bawah.
  • Putar bagian atas bet sejauh kurang lebih 20 hingga 90 derajat ke arah tubuh.

Teknik siap siaga atau stance dalam tenis meja

teknik dasar tenis meja stance

Bagi pemula terutama yang masih baru belajar bermain tenis meja teknik ini bisa dikatakan cukup penting terutama saat bermain. Teknik stance yang baik akan memungkinkan kita bisa melakukan serangan sekaligus bertahan dengan maksimal.

Dalam teknik ini, kita akan belajar bagaimana memposisikan kaki, badan, serta kuda-kuda yang baik saat melakukan serangan atau bertahan. Posisi badan yang benar akan membuat kita lebih siap saat menerima atau melakukan serangan.

Teknik stance dalam permainan tenis meja umumnya dibagi menjadi tiga yaitu square stance, open stance, dan side stance.

Teknik square stance

Menguasai teknik square stance sangat penting sekali terutama saat kita sedang menerima servis dari lawan. Kunci utama dalam menerapkan teknik ini adalah posisi yang baik. 

Selain digunakan untuk menerima servis lawan, teknik square stance yang baik akan memudahkan anda dalam menerima serangan lawan. Teknik square stance sebenarnya sangat mudah, pertama ambil posisi di mana anda satu langkah di belakang meja (jangan terlalu dekat atau jauh). 

Kemudian saat anda menerima servis dekat net anda tinggal menggerakkan kaki satu kali ke arah depan. Saat lawan melakukan servis ke arah kanan ada tinggal menggerakkan kaki ke kanan, dan saat akan melakukan servis panjang anda tinggal mundur 1 langkah ke belakang.

Teknik side stance

Cara melakukan teknik side stance yang baik adalah dengan mendekatkan tangan kanan ke arah net, jika anda seorang kidal maka dekatkan tangan kiri ke arah net. Dengan menguasai teknik ini akan memudahkan anda mengambil bola baik forehand maupun backhand.

Teknik open stance

Open stance sebenarnya adalah bagian dari pengembangan teknik side stance. Cara melakukannya sangat mudah, anda hanya perlu meletakkan kaki kiri berada di bagian depan kaki kanan bagi pemain non-kidal. Sedangkan untuk pemain kidal maka sebaliknya. Gerakan ini sangat penting sekali terutama saat pemain ingin melakukan backhand block.

Teknik dasar tenis meja gerakan kaki atau footwork

teknik dasar tenis meja footwork

Setelah kita menguasai teknik memegang bet yang baik dan cara memposisikan badan saat bermain tenis meja, sekarang kita akan melatih kemampuan kuda-kuda atau footwork.

Teknik kuda-kuda yang baik akan membuat kita lebih stabil dalam melakukan serangan sekaligus bertahan, dan saat bola datang bertubi-tubi kita tidak akan mudah kehilangan keseimbangan. 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat bermain tenis meja kita harus melangkah ke arah kanan kiri belakang dan depan. Selain melangkah ke banyak arah, terkadang kita juga harus mengambil bola yang berada di bawah meja. Hal ini tentu membutuhkan footwork yang baik agar kita tidak mudah terjatuh dan bisa mengambil bola dengan maksimal. Teknik ini sangat penting sekali terutama bagi pemain single.

Sebenarnya footwork sendiri tergantung dari arah datangnya bola, jika bola tidak terlalu jauh dari tubuh  maka kita tidak perlu melangkah. Sedangkan saat bola datang jauh dari tubuh maka kita harus melangkah tergantung dari kebutuhan.

  • Cara melakukan teknik footwork yang baik dalam permainan tenis meja:
  • Posisikan kaki seperti saat membuat kuda-kuda yaitu dengan sedikit menekuk lutut.
  • Distribusikan berat badan anda dengan porsi yang sama pada kedua kaki agar lebih seimbang saat menyerang dan bertahan.
  • Gunakan ujung kaki anda sebagai tumpuan berat badan agar lebih mudah dalam bergerak.
  • Apabila anda ingin mengambil bola pada posisi kiri anda tinggal melangkahkan kaki kiri 1 langkah dan bebankan tubuh anda pada kaki kiri tersebut.
  • Untuk kaki kanan tinggal mengikuti langkah kaki kiri.
  • Saat ingin melakukan serangan forehand langkahkan kaki kanan ke depan agar lebih maksimal dalam memukul bola.
  • Dan saat anda selesai melakukan serangan posisikan kaki seperti semula.

Teknik dasar pukulan atau stroke dalam tenis meja

teknik dasar tenis meja servis

Menguasai teknik stroke atau pukulan sangat penting setelah anda mengetahui bagaimana cara melakukan footwork yang baik. Sebenarnya teknik dasar pukulan dalam tenis meja itu hanya dibagi menjadi dua yaitu forehand dan backhand. 

Tapi dalam prakteknya kedua teknik tersebut berkembang menjadi banyak teknik mulai dari forehand flick, forehand loop, dan forehand topspin.

Teknik dasar tenis meja saat melakukan servis

Teknik pukulan yang pertama adalah saat melakukan servis. Melakukan servis yang baik nyatanya sangat penting sekali dalam permainan tenis meja. Menang dalam hal servis bisa dikatakan anda sudah menang 50% dalam pertandingan.

Ada banyak teknik dalam melakukan servis dalam permainan tenis meja, di mana teknik tersebut sebenarnya lebih kepada arah putaran atau spin. Servis bisa dilakukan dengan menggunakan forehand atau backhand.

Servise forehand topspin

  • Cara melakukan servis forehand topspin yang baik dan benar sebagai berikut:
  • Langkah pertama ambil posisi di sebelah kiri dan menghadap ke kanan.
  • Kemudian pegang bola dengan tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang bet dan menekuk siku hingga sekitar 90 derajat.
  • Lambungkan bola secara vertikal kemudian pukul dengan gerakan ke atas untuk menghasilkan putaran topspin.
  • Sebisa mungkin pantulan bola jangan terlalu tinggi supaya tidak mudah diserang oleh lawan.

Servis backhand topspin

Sebenarnya cara menghasilkan putaran topspin untuk servis backhand maupun forehand sama saja, yaitu melakukan gesekan ke atas dan menahan agar saat bola jatuh tidak begitu tinggi. Berikut langkahnya:

  • Umumnya saat melakukan servis backhand anda harus berada di posisi tengah meja (posisi ini akan memungkinkan anda lebih mudah dalam menerima serangan).
  • Pegang bet dengan area backhand di bagian depan sebelah kiri.
  • Lambungkan bola secara vertikal lalu gesek bola dari bawah ke atas.
  • Seperti biasa usahakan pantulan bola tidak terlalu tinggi agar tidak diserang oleh lawan.

Forehand backspin

Servis backspin merupakan servis yang paling aman karena tidak mudah diserang oleh lawan, tetapi pengembalian bola biasanya sedikit berat. Cara melakukan servis forehand backspin sebagai berikut:

  • Sebenarnya cara servis forehand backspin sama dengan saat anda melakukan chop. Pertama hadapkan area forehand bet anda ke arah atas.
  • Kemudian pegang bola dengan tangan kiri anda seperti biasa lalu lambungkan bola secukupnya.
  • Gesek bola pada area bawah dengan gerakan maju.
  • Kontak poin bola berada pada sisi bagian kiri ke kanan bet.

Servis backhand backspin

Cara melakukan servis backhand backspin dan forehand backspin tidak banyak berbeda yaitu memukul bola area bawah dan menggeseknya ke arah depan. 

Hanya saja kali ini kita akan menggunakan bagian belakang atau backhand dari bet kita. Seperti biasa jaga agar pantulan bola pertama kali tidak begitu tinggi sehingga saat bola masuk ke area lawan pantulannya tidak tinggi pula.

Servis sidespin

Sesuai namanya servis sidespin artinya adalah membuat putaran bola ke arah samping baik kanan maupun kiri. Untuk teknik melakukan servis sidespin prinsipnya sama saja baik forehand maupun backhand.

Service sidespin biasanya dikombinasikan dengan topspin ataupun backspin tergantung kebutuhan. Jika servis dikombinasikan dengan topspin maka bola akan melaju cepat ke arah kanan maupun kiri. Sedangkan jika dikombinasikan dengan backspin bola relatif lebih lambat tetapi berat saat ingin diserang. 

Teknik dasar melakukan drive

teknik dasar tenis meja drive

Umumnya teknik drive dalam permainan tenis meja dibagi menjadi dua forehand dan backhand. Sebenarnya untuk lintasan keduanya sama saja. Cara melakukan teknik drive yang baik adalah dengan sedikit mengayunkan tangan ke belakang.

Hal ini dilakukan agar pukulan yang dihasilkan lebih cepat dan maksimal. Tipe bola yang dihasilkan dari teknik ini bisa berupa bola datar, cepat, maupun keras. 

Teknik forehand drive

Cara melakukan pukulan forehand drive adalah dengan menempatkan kaki kiri di area depan kemudian memukul bola menggunakan tangan kanan dengan mengayunkannya ke belakang terlebih dahulu.

Saat memukul bola, ikuti gerakan badan memutar ke arah datangnya bola agar pukulan lebih kencang dan maksimal. Tangan anda harus kuat dalam memegang bet saat ingin melakukan pukulan drive forehand ini. 

Teknik backhand drive

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, sebenarnya cara melakukan teknik backhand drive tidak jauh berbeda dengan forehand drive. Hanya saja karena kita melakukannya dengan backhand maka tentunya posisi tangan akan sangat jauh berbeda.

Untuk mulai melakukan teknik ini pertama anda harus memposisikan siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Pukul bola secara datar maupun sedikit memberikan gesekan untuk menghasilkan spin dengan diikuti putaran badan dari kiri ke kanan.

Teknik push atau dorongan

teknik dasar tenis meja push

Push merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mengembalikan pukulan backspin dari lawan. Teknik push dilakukan agar pengembalian bola anda tidak terlalu tinggi maupun jatuh ke net saat menghadapi bola backspin. Sama dengan pukulan lainnya teknik push dibagi menjadi dua, forehand dan backhand.

Teknik forehand push

Untuk melakukan teknik forehand push yang baik anda harus sedikit membuka bet atau menengadahkannya ke atas. Jangan terlalu terbuka sesuaikan saja dengan kebutuhan, semakin berat bola yang datang maka bet harus semakin terbuka. Tetapi jika bola yang datang tidak terlalu berat maka sebaiknya sedikit tutup agar bola tidak terlalu tinggi.

Teknik backhand push

Teknik backhand push sebenarnya sama saja dengan teknik forehand tadi, anda hanya perlu membuka bet sesuai kebutuhan tergantung dari tingkat putaran bola backspin tersebut. 

Catatan penting usahakan anda mengenai bola pada bagian tengah bet agar akurasi pukulan menjadi lebih baik. Selain itu, pegang bet anda dengan kuat agar pengembalian bola menjadi semakin berat sehingga sulit untuk diserang lawan.

Teknik chop

teknik dasar chop

Chop merupakan teknik untuk memukul bola menjadi backspin. Pukulan chop biasanya digunakan oleh pemain tenis meja yang orientasinya bertahan. Secara umum ada dua jenis chop yaitu forehand dan backhand:

Forehand chop

Untuk melakukan chop anda harus membuka atau memposisikan area forehand bet ke arah atas. Kemudian pukul pada area bawah bola menggunakan bagian bawah bet. 

Backhand chop

Sama seperti saat melakukan forehand chop buka bet anda. Saat bola datang pukul pada bagian bawah bola dengan sedikit menekan ke arah bawah. 

Teknik dasar melakukan block

teknik dasar block

Teknik block biasanya digunakan untuk menangkis atau mengembalikan serangan lawan berupa loop atau topspin. Melakukan teknik blok yang baik dapat membantu anda mengembalikan serangan lawan dengan cepat.

Semakin keras lawan melakukan serangan saat melakukan block dengan benar maka bola akan kembali dengan kencang pula. 

Teknik forehand block

Untuk posisi bet saat melakukan gerakan block sebenarnya tergantung dari jenis serangan yang datang. Jika serangan berupa topspin maka anda harus menutup agar bola tidak out.

Tetapi jika bola yang datang datar atau tidak ada spin maka anda harus sedikit membuka bet. Selain itu, kecepatan serangan lawan juga bisa mempengaruhi angle dari bet anda.

Teknik back hand block

Prinsip melakukan back hand block sebenarnya sama dengan forehand. Yaitu menutup bet dan mencondongkan nya ke arah depan saat melakukan block bola topspin. Sedangkan untuk bola yang sedikit kosong maka tidak perlu terlalu menutup bet. Selain angle bet, tingkat keberhasilan blocking juga sangat dipengaruhi timing.

Teknik melakukan smash

teknik dasar melakukan smash

Smash merupakan serangan atau pukulan yang paling mematikan dalam permainan tenis meja. Teknik ini hanya bisa dilakukan saat bola sudah agak tinggi. Smash biasanya sulit dilakukan jika bola berada di bawah net.

Selain itu, bola backspin juga sulit sekali untuk dismash kecuali dengan menambahkan sedikit putaran dengan forehand topspin. 

Forehand smash

Untuk membuat smash anda menjadi semakin keras, kuat, dan sulit untuk ditangkis oleh lawan ada beberapa teknik yang perlu anda perhatikan:

  • Pertama posisikan kaki kiri di bagian depan dan kaki kanan di bagian belakang.
  • Posisikan tubuh anda sedikit miring ke kanan dan gunakan kaki kanan sebagai tumpuan badan.
  • Pukul bola saat berada di titik pantulan tertinggi dengan keras.
  • Gunakan badan anda untuk membantu meningkatkan kekuatan smash.

Backhand smash

Melakukan teknik backhand smash secara umum sedikit lebih sulit dibandingkan dengan forehand smash. Hal ini dikarenakan ayunan dari backhand sedikit merepotkan jika mengambil bola terlalu tinggi. 

Untuk itu, jika tidak begitu terpaksa usahakan menggunakan forehand smash saat mengeksekusi bola tinggi. Gunakan backhand smash hanya untuk memukul bola tanggung. Cara melakukan backhand smash yang benar adalah sebagai berikut:

Langkah pertama untuk melakukan backhand smash dengan maksimal adalah memposisikan kaki kanan berada di depan sedangkan kaki kiri di belakang. Arahkan pundak anda ke meja atau miringkan tubuh ke sisi kiri. Saat bola berada di titik tertinggi, ayunkan tangan anda dari bawah ke arah bola dengan sedikit memberikan gesekan.

Teknik loop

teknik dasar melakukan loop

Loop adalah sebuah teknik dalam permainan tenis meja yang mengkombinasikan antara forehand topspin dan smash. Pukulan loop bisa dilakukan ketika bola tidak terlalu berat. Karena untuk bola backspin yang terlalu berat maka dibutuhkan forehand topspin untuk bisa mengangkatnya. 

Kombinasi antara pukulan dan spin sangat penting sekali untuk melakukan loop dengan baik dan benar. Cara melakukannya adalah:

Forehand loop

Seperti biasa posisikan kaki kiri ke depan dan kaki kanan ke belakang. Kemudian ayunkan tangan anda seperti saat melakukan teknik drive. Kemudian saat bola datang pukul sekeras mungkin dengan mengombinasikan antara spin dan tamparan.

Backhand loop

Cara melakukan backhand loop yaitu dengan memukul bola dan menambahkan sedikit spin atau tamparan. Ingat bola yang bisa diloop hanyalah bola yang sedikit kosong atau tidak berupa backspin berat.

Leave a Comment