Sejarah sepak bola dunia

Sejarah sepak bola dunia dan Indonesia (LENGKAP)

Sejarah sepak bola dunia

Setidaknya terdapat dua versi sejarah sepak bola dunia. Yaitu sepak bola kuno dan sepak bola modern, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai keduanya.

Hingga saat ini sepak bola masih menjadi olahraga yang paling banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Event sepak bola bahkan telah menjadi tontonan yang sangat menarik dan menjadi pusat perhatian dunia.

Contohnya saja World Cup atau piala dunia yang telah menyita perhatian jutaan orang di seluruh dunia. Eevent ini juga telah menjadi event yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di berbagai negara.

Kepopuleran sepak bola juga bisa dilihat dari penuh sesaknya stadion sepak bola setiap kali ada tim yang bertanding. Bukan hanya di Indonesia, di beberapa negara Eropa termasuk Inggris, Jerman, Perancis, serta Spanyol sepak bola menjadi olahraga yang begitu digemari oleh masyarakat.

Meskipun banyak orang yang mengetahui tentang sepak bola, akan tetapi ternyata masih banyak juga yang belum tahu banyak mengenai olahraga yang satu ini. Termasuk diantaranya awal mula sejarah sepak bola hingga saat ini.

Akan tetapi sebelum kita membahas lebih banyak mengenai sejarah sepak bola ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian sepak bola itu sendiri. 

Pengertian sepak bola

Secara umum sepak bola merupakan olahraga yang menggunakan sebuah bola yang biasanya terbuat dari kulit. Dalam sebuah tim sepak bola terdapat setidaknya 11 orang pemain. Dimana masing-masing tim akan berhadapan satu sama lain untuk merebutkan sebuah bola.

Permainan sepak bola dilakukan di sebuah lapangan yang memiliki ukuran khusus yang telah ditentukan oleh FIFA. Ukuran lapangan sepak bola standar biasanya memiliki lebar sekitar 50 hingga 60 meter dengan panjang sekitar 120 meter.

Di dalam lapangan tersebut terdapat dua buah gawang yang dijaga oleh seorang pemain yang disebut kiper. Masing-masing tim akan berusaha untuk memasukkan bola ke dalam gawang tersebut.

Berakhirnya pertandingan sepak bola ditentukan oleh waktu di mana dalam permainan sepak bola biasanya terdapat dua babak. Masing-masing babak terdiri dari 45 menit hingga total pertandingan sepak bola yaitu 90 menit + 15 menit waktu istirahat.

Sejarah sepak bola kuno

Sejarah sepak bola kuno

Permainan sepak bola sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Olahraga ini sering dimainkan oleh bangsa Cina pada sekitar tahun 206 sebelum masehi. Selain di Cina, olahraga yang mirip dengan sepak bola juga dimainkan di beberapa negara termasuk Yunani serta Romawi.

Akan tetapi bukti sejarah yang cukup kuat mengatakan bahwa permainan sepak bola awalnya ditemukan oleh orang-orang Cina tepatnya pada zaman dinasti Han. Pada waktu itu orang-orang Tionghoa memiliki sebuah olahraga yang disebut sebagai T’su Chu. 

Orang-orang Tionghoa tersebut menggunakan sebuah bola yang terbuat dari kulit kemudian menendangnya untuk dimasukkan ke dalam sebuah gawang dengan jaring. Permainan ini secara teknis hampir mirip dengan sepak bola yang saat ini kita lihat.

Berbeda dengan permainan sepak bola saat ini kita saksikan, gawang yang digunakan pada waktu itu relatif kecil. Sehingga akan cukup sulit bagi pemain untuk bisa memasukkan bola ke dalam gawang.

Selain di Cina, bangsa Romawi kuno juga memiliki permainan yang disebut Episkyros. Olahraga ini diyakini sebagai cikal bakal permainan sepak bola modern yang saat ini kita lihat. Terlepas dari negara manakah yang pertama kali memainkan sepak bola, hingga saat ini sepak bola masih menjadi permainan yang sangat merakyat. Bahkan sepak bola begitu digemari oleh hampir semua masyarakat di seluruh dunia.

Sejarah sepak bola modern

Perkembangan sejarah sepak bola modern diprakarsai oleh Inggris yang telah mempopulerkan olahraga ini ke seluruh dunia. 

Meskipun demikian, pada waktu itu permainan sepak bola masih belum begitu resmi karena tidak adanya peraturan yang pasti. Peraturan sepak bola mulai dibuat saat beberapa sekolah privat di Inggris mulai mempertandingkan olahraga ini. Aturan tersebut dikenal dengan istilah Cambridge Rules.

Kemudian beberapa klub sepak bola di inggris mulai membuat sebuah peraturan sendiri-sendiri. Walaupun sepak bola tidak memiliki aturan sendiri, akan tetapi secara garis besar peraturan sepak bola tersebut masih sama. 

Salah satu peraturan sepak bola yang dituangkan dalam Cambridge Rules tersebut adalah tidak diperkenankannya seorang pemain memegang bola, entah itu disengaja ataupun tidak. 

Permainan sepak bola semakin mendunia sejak diresmikannya sebuah organisasi perkumpulan sepak bola yang dilakukan di London Inggris.

Selain meresmikan sepak bola, dalam pertemuan tersebut juga dibuat sebuah peraturan khusus yang akan membuat pertandingan sepak bola menjadi semakin kompetitif. 

Ditetapkannya aturan yang dibuat di London Inggris tersebut pada akhirnya diikuti oleh beberapa asosiasi sepak bola di negara seperti Skotlandi,a Wales, dan Irlandia. Selanjutnya beberapa asosiasi sepak bola tersebut bergabung dan mendirikan sebuah asosiasi yang dinamakan International Football Association Board Atau IFAB.

Selanjutnya perkumpulan sepak bola yang lebih besar dirikan dengan nama Federation Of International De Football Association atau FIFA. Organisasi induk sepak bola dunia ini didirikan di Paris Perancis tepatnya pada tanggal 21 mei 1904. 

Setelah didirikannya FIFA permainan sepak bola menjadi semakin meluas hingga ke seluruh penjuru dunia. Bukan hanya itu, dengan didirikannya FIFA maka berbagai event sepak bola dunia mulai digelar. Sepak bola juga menyita perhatian masyarakat di seluruh dunia.

Sejarah sepak bola di Indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia

Penyebaran sepak bola yang semakin meluas akhirnya sampai juga ke Indonesia. Permainan sepak bola sudah ada di Indonesia pada abad ke-19 di mana pada saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda. 

Sebenarnya orang-orang belandalah yang pertama kali mengenalkan sepak bola ke penduduk Indonesia. Orang-orang Eropa seperti Belanda memang dikenal sangat suka dengan pertandingan sepak bola, sehingga mereka sering memainkannya termasuk saat menjajah Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai mengenal sepak bola dan mulai memainkannya. Karena permainan sepak bola cukup merakyat dan mudah dimainkan maka masyarakat Indonesia mulai tertarik dengan olahraga yang satu ini.

Setelah kepopuleran sepak bola mulai meluas di Indonesia akhirnya dibuatlah sebuah organisasi sepak bola yang dikenal dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI.

Dengan dibentuknya PSSI maka permainan sepak bola menjadi semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini sepak bola menjadi salah satu olahraga yang paling banyak digemari di seluruh Nusantara.

Besarnya animo masyarakat pada olahraga sepak bola membuat banyak event dibuat untuk semakin mengenalkan olahraga ini ke seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan sepak bola dianggap sebagai olahraga pemersatu bangsa karena hampir semua masyarakat Indonesia menyukai olahraga ini, paling tidak hanya sekedar sebagai penonton.

Sering dibuatnya organisasi induk sepak bola Indonesia maka ada banyak klub sepak bola baru yang mulai bermunculan sehingga olahraga ini semakin kompetitif.

Leave a Comment