Mengenal beberapa pukulan unik dalam tenis meja

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membuat permainan tenis meja anda menjadi lebih atraktif adalah dengan menambahkan beberapa pukulan yang unik. Pukulan ini dapat menciptakan efek yang membingungkan lawan, terkadang juga bisa menjadi senjata yang cukup efektif.

Pukulan yang saya maksud adalah sebuah pukulan yang bisa mengubah putaran, kecepatan, serta arah bola yang mungkin sangat tidak terduga oleh lawan. Beberapa contoh pukulan yang bisa membingungkan lawan diantaranya adalah chopsblock, spin gantung, atau smash dengan memberikan sedikit efek backspin.

Dalam postingan kali ini kita akan mengenal variasi pukulan aneh dalam tenis meja terutama yang berkaitan dengan beberapa pukulan untuk membingungkan lawan. Lantas kenapa pukulan ini sangat diperlukan?

Bisa membingungkan lawan

Beberapa pukulan yang aneh seperti flick strawberry, push block dengan sidespin, serta chopsblock tersebut bisa membingungkan lawan sehingga patut untuk dicoba sebagai variasi serangan. Tetapi perlu diingat bahwa teknik semacam ini sangat berguna dalam situasi tertentu saja dan bukan menjadi serangan utama.

Selain itu, beberapa variasi pukulan tersebut tampaknya akan sangat berguna jika anda adalah pemain yang sudah mahir dalam menguasai teknik dasar tenis meja. Sedangkan bagi anda yang masih baru belajar dan belum terlalu mahir, sebaiknya fokus dengan pukulan konvensional saja. Hal ini dikarenakan terlalu banyak menggunakan variasi pukulan semacam ini dalam pertandingan akan membuat gaya permainan anda menjadi sedikit aneh dan mungkin teknik anda akan sulit berkembang.

Akan tetapi jika anda merupakan pemain yang sudah mahir dan sudah menguasai teknik tenis meja dengan baik, maka memberikan variasi pukulan semacam ini dapat membingungkan lawan dan bisa menjadi senjata rahasia.

Salah satu alasan penting beberapa pukulan ini dapat membingungkan lawan adalah karena bola yang dihasilkan sangat sulit ditebak. Misalnya saja chopsblock, atau melakukan block dengan memberikan sedikit efek backspin pada bola akan sedikit merusak irama permainan lawan. Karena umumnya saat kita menyerang dengan topspin maka bola akan kembali kencang. Tetapi jika bola kembali dengan efek backspin dan lambat tentu hal ini akan sedikit menyulitkan lawan.

Kapan anda harus menggunakan variasi pukulan ini?

Beberapa pukulan yang mengganggu ini akan sangat efektif terutama saat anda melawan pemain konvensional yang mengandalkan rally topspin. Sedangkan untuk beberapa pemain seperti yang menggunakan karet bintik atau pemain defender yang mengandalkan chops mungkin akan sedikit sulit terkecoh.

Dengan memberikan variasi pukulan ini anda akan mengganggu konsentrasi lawan dan keseimbangan permainan pun bisa terpengaruh. Pukulan tersebut bisa mengubah kecepatan, panjang bola, serta sudut yang sedikit berbeda dari pukulan biasanya. Tentu hal ini akan mengecoh lawan. 

Perlu diingat bahwa penggunaan variasi pukulan aneh ini hanya cukup efektif jika digunakan sesekali saja untuk membingungkan lawan. Dengan demikian lawan akan bertanya-tanya apakah anda akan melakukan pukulan normal seperti biasa atau pukulan aneh yang membingungkan tersebut.

Lakukan percobaan

Tentu untuk bisa menguasai teknik pukulan semacam ini dalam permainan tenis meja perlu dilakukan berbagai macam percobaan. Anda bisa melakukannya saat latih tanding bersama partner anda. 

Misalnya dengan mempelajari flick strawberry yang sedikit menipu. Atau sesekali anda melakukan copsblock saat lawan menyerang dengan pukulan topspin. Hal ini sangat berguna sekali terutama jika anda kurang bisa menguasai teknik konvensional seperti saat bola datang cepat di area backhand.

Karena teknik ini sedikit aneh maka tentu anda juga harus membedakannya dengan latihan normal agar bisa tahu kapan akan menggunakannya. 

Memberikan variasi pukulan dalam permainan tenis meja bukan hanya membuat gaya permainan anda menjadi lebih cantik, tetapi juga bisa menjadi senjata yang mematikan lawan. Jadi sebaiknya teruslah mencoba dan jangan berhenti berlatih

Leave a Comment