peraturan sepak bola

Peraturan sepak bola terbaru sesuai pedoman FIFA

Peraturan sepak bola

Dalam setiap permainan kasti dibutuhkan sebuah peraturan, tidak terkecuali sepak bola tentunya. Peraturan sepak bola dibuat agar olahraga ini semakin menarik dan kompetitif.

Peraturan sepak bola sebenarnya sudah banyak diketahui terutama bagi para penggemarnya. Akan tetapi bagi mereka yang jarang menonton sepak bola mungkin kurang mengetahui lebih banyak seputar aturan permainan sepak bola ini.

Mengetahui peraturan sepak bola sangat penting sekali terutama bagi anda yang ingin menjadi seorang pemain profesional. Dan tidak ada salahnya untuk mengetahui aturan dasar sepak bola sedini mungkin sebelum memutuskan untuk berlatih.

Bagi anda yang masih penasaran berikut beberapa aturan dalam permainan sepak bola:

Peraturan sepak bola dasar

Lapangan

  • Salah satu komponen yang wajib dalam permainan sepak bola adalah lapangan. Ukuran lapangan sepak bola standar setidaknya harus memiliki panjang antara 100 hingga 120 meter;
  • Sedangkan untuk lebarnya biasanya berkisar antara 50 hingga 75 meter;
  • Untuk luas daerah gawang dalam permainan sepak bola sekitar 18,35 x 5,5 meter;
  • Jari-jari lingkaran tengah di lapangan sepak bola berukuran 9,15 meter;
  • Daerah tendangan penalti memiliki ukuran 40,309 x 16,5 meter;
  • Sedangkan untuk jarak titik penalti dengan gawang yaitu 11 meter;

Gawang

Dalam permainan sepak bola gawang yang digunakan umumnya memiliki warna putih agar lebih mudah di lihat pada permukaan rumput yang hijau. Ukuran gawang permainan sepak bola dewasa adalah 2,44 meter dan lebar 7,32 meter. Ini merupakan ukuran gawang standar yang digunakan dalam pertandingan sepak bola Nasional maupun Internasional.

Selain itu, gawang juga harus memiliki jaring di belakang untuk memudahkan wasit melihat apakah bola gol atau tidak.

Bola

Selain gawang, bola merupakan komponen yang sangat penting dalam permainan sepak bola itu sendiri. Bukan sembarang bola tentunya, karena bola yang dimaksud tentu harus sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh FIFA selaku induk sepak bola internasional.

Bola standar yang digunakan paling tidak harus memiliki berat sekitar 396 hingga 453 gram. Bola tersebut juga memiliki keliling lingkaran sekitar 68 hingga 70 cm. 

Bahan bola biasanya terbuat dari kulit dan berbentuk bulat sempurna. Syarat ini bisa dikatakan wajib karena jika bola tidak berbentuk bulat sempurna maka akan sulit saat melaju di lapangan.

Jumlah pemain sepak bola

Dalam permainan sepak bola terdapat dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. 10 orang bertindak sebagai pemain di lapangan, sedangkan yang satu bertugas sebagai penjaga gawang. Jadi total jumlah pemain sepak bola saat bertanding adalah 22 orang/pemain.

Pertandingan sepak bola akan diskorsing atau dihentikan ketika salah satu dari tim memiliki pemain yang kurang dari 7. Hal ini bisa saja terjadi jika sebuah tim mendapat hukuman kartu merah hingga 4 orang pemain.

Dan tentu saja jika ada tim yang terkena kartu merah hingga 4 orang pemain maka tim tersebut akan dinyatakan kalah. Hal ini dikarenakan jumlah pemain sepak bola kurang dari minimal yang telah ditetapkan oleh FIFA.

Diharuskan memiliki pemimpin tim

Pemimpin tim atau kapten harus ada dalam pertandingan sepak bola. Seorang kapten ditunjuk dengan pertimbangan dia merupakan orang yang paling dewasa dan mampu mengkoordinir rekan-rekannya di lapangan.

Dengan adanya kapten ini wasit juga akan lebih mudah untuk melerai jika terjadi konflik antar pemain sepak bola. Kapten juga bertanggung jawab jika terjadi perselisihan di dalam sebuah tim sepak bola.

Peraturan dalam memulai pertandingan

Sebelum memulai pertandingan sepak bola, biasanya masing-masing pemain akan bersalaman terlebih dahulu. Salah satu tujuannya agar mereka lebih akrab dan berkenalan satu sama lain.

Seorang wasit juga akan menentukan tim mana yang akan memilih tempat dengan melakukan undian menggunakan koin. Biasanya pemain yang lebih dulu memilih tempat harus menyerahkan memulai pertandingan pada lawan.

Peraturan dalam memakai aksesoris dalam sepak bola

Dalam pertandingan sepak bola tentu ada sebuah aturan yang boleh atau tidak boleh dilakukan termasuk saat menggunakan aksesoris di lapangan. Beberapa peraturan tersebut diantaranya adalah:

  • Baju para pemain sepak bola harus sama dalam satu tim. Hal ini untuk memudahkan lawan mengidentifikasi teman. Selain itu, baju yang sama juga akan membuat sebuah tim terlihat lebih kompak.
  • Jersey atau baju pemain sepak bola juga harus berbeda pada masing-masing tim. Untuk itu biasanya setiap tim memiliki jersey lebih dari satu untuk mensiasati jika dia bertanding dengan tim lawan yang memiliki seragam sama.
  • Diwajibkan menggunakan kaos kaki dengan warna yang sama. Setiap pemain sepak bola diharuskan menggunakan kaos kaki dengan warna yang sama. Kaos kaki bukan hanya sebagai aksesoris, tapi juga bisa melindungi kaki dari cedera.
  • Sarung tangan hanya diperbolehkan digunakan oleh kiper. Umumnya hanya kiper yang diperbolehkan menggunakan sarung tangan, kecuali dalam situasi tertentu misalnya saat cuaca sangat dingin. Di beberapa negara eropa banyak pemain yang menggunakan sarung tangan saat bertanding karena cuaca yang ekstrem.
  • Tidak diperkenankan menggunakan topi atau aksesoris lainnya termasuk gelang, kalung, dan cincin.

Wasit

Setiap olahraga pasti memiliki wasit yang nantinya akan memimpin jalannya sebuah pertandingan sepak bola. Wasit dalam permainan sepak bola memilih keputusan yang mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Minimal ada tiga orang wasit yang bertugas di lapangan sepak bola. Wasit pertama menjadi seorang pemimpin dan berada di tengah lapangan untuk mengatur jalannya pertandingan.

Sedangkan kedua wasit lainnya biasanya bertindak sebagai hakim garis yang berada di sisi kanan dan kiri lapangan sepak bola. Selain ketiga orang wasit tersebut ada juga wasit yang bertugas mengatur pergantian pemain.

Aturan waktu dalam permainan sepak bola

Pertandingan sepak bola normal biasanya dilakukan dengan durasi 90 menit. 90 menit pertandingan tersebut dibagi menjadi dua babak di mana masing-masing bapak terdiri dari 45 menit.

Waktu istirahat dalam sebuah permainan sepak bola adalah 15 menit sehingga total pertandingan sepak bola biasanya satu setengah jam. Apabila pertandingan tidak bisa diselesaikan (skor imbang) dalam waktu 90 menit tersebut maka akan diberikan babak tambahan.

Babak tambahan biasanya dilakukan dua kali 15 menit dengan waktu istirahat sekitar 5 menit. Dan jika babak tambahan tidak bisa menyelesaikan pertandingan maka akan diadakan adu tendangan penalti.

Note: pemberian babak tambahan dan adu tendangan penalti hanya dilakukan di sebuah pertandingan sepak bola yang menggunakan sistem knock-out.

Peraturan sepak bola dalam hal gol

Perolehan poin dalam pertandingan sepak bola terjadi saat salah satu dari tim mencetak sebuah gol. Gol terjadi jika bola masuk ke dalam gawang dan tidak ada pelanggaran sebelumnya.

Sebuah gol bisa dianulir jika terjadi pelanggaran atau offside. Dan pastinya hanya wasit yang memiliki kewenangan penuh untuk menentukan apakah bola gol atau tidak.

Aturan offside dan onside

pelanggaran dalam sepak bola

Salah satu peraturan permainan sepak bola yang harus diketahui oleh para pemain adalah offside dan onside. Secara istilah offside merupakan sebuah pelanggaran yang terjadi ketika pemain memberikan umpan ke rekannya dan pemain tersebut menerima umpan dalam keadaan posisinya dibelakang back lawan.

Akan tetapi bola akan dinyatakan onside ketika pemain yang diberikan umpan tersebut tidak aktif atau mengejar bola tersebut. Biasanya wasit yang bertugas mengetahui apakah seorang pemain offside atau tidak adalah hakim garis.

Aturan seputar tendangan gawang

Tendangan gawang dilakukan saat bola mati di area sendiri di mana pemain yang terakhir menyentuh adalah lawan. Jika bola yang terakhir menyentuhnya tersebut adalah tim yang bersangkutan maka yang terjadi adalah tendangan sudut atau corner.

Tendangan gawang bisa dilakukan oleh kiper atau salah satu pemain dengan syarat tidak boleh melebihi dari area kiper. 

Tendangan sudut atau corner

Corner kick atau tendangan sudut merupakan sebuah tendangan yang dilakukan oleh pemain lawan ke arah gawang dari sisi samping. Tendangan ini dilakukan saat sebuah bola mengenai pemain dan mati di areanya sendiri. Tendangan sudut dilakukan di kanan atau kiri gawang sesuai dengan tempat keluarnya bola.

Peraturan pergantian pemain

Pergantian pemain dalam pertandingan sepak bola boleh dilakukan hingga tiga kali. Akan tetapi dalam pertandingan persahabatan biasanya pergantian pemain bisa lebih dari jumlah tersebut. Biasanya pertandingan persahabatan memperbolehkan pergantian pemain hingga 7 kali.

Tendangan bebas dalam sepak bola

Umumnya sebuah sebuah tendangan bebas dilakukan ketika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Pelanggaran tersebut dengan catatan tidak berada di dalam kotak penalti. 

Karena jika pelanggaran yang dilakukan di dalam kotak penalti maka akan diberikan ganjaran hukuman penalti. Untuk melakukan tendangan bebas dalam permainan sepak bola biasanya pemain akan langsung menendangnya ke arah gawang atau mengoperkan bola kepada rekan.

Sedangkan untuk tim lawan biasanya akan membuat sebuah pagar betis untuk melindungi gawang dari tendangan bebas tersebut. Hal ini dilakukan terutama saat pelanggaran terjadi di dekat gawang tetapi masih di area luar kotak penalti.

Tendangan penalti

Salah satu hukuman yang cukup berat diterima oleh sebuah tim adalah diganjar dengan tendangan penalti. Tendangan ini bisa dilakukan saat terjadi sebuah pelanggaran di area kotak penalti termasuk hand ball atau menjatuhkan lawan dengan cara yang tidak semestinya.

Berbeda dengan tendangan bebas, hukuman penalti ini diberikan kepada lawan dengan cara menendang bola langsung ke area gawang tanpa adanya penghalang. Tentu saja peluang seorang pemain mencetak gol sangat besar sekali saat melakukan tendangan penalti.

Aturan seputar lemparan ke dalam

Ada beberapa peraturan khusus dalam melakukan lemparan ke dalam disebuah pertandingan sepak bola. Beberapa aturan tersebut meliputi:

  • Lemparan di dalam harus dilakukan dengan menggunakan dua tangan.
  • Saat melakukan lemparan, kaki tidak boleh diangkat.
  • Lemparan bola juga tidak boleh dilakukan dengan cara melompat.
  • Pada waktu melakukan lemparan ke dalam harus dilakukan dari atas bukan dari bawah.

Pelanggaran dalam permainan sepak bola

ada beberapa jenis pelanggaran dalam permainan sepak bola yang tidak diperbolehkan dan mendapatkan hukuman dari wasit. Berapa pelanggaran tersebut diantaranya:

  • Mendorong pemain lawan secara sengaja;
  • Mencegah pemain tanpa mengenai atau melakukan kontak dengan bola;
  • Menarik anggota tubuh atau baju lawan yang sedang menguasai bola;
  • Melompati lawan yang sudah terjatuh dengan sengaja;
  • Memberikan hambatan kepada lawan yang sedang menguasai bola;
  • Terlalu tinggi mengangkat kaki sehingga dikhawatirkan membahayakan pemain lawan;
  • Secara sengaja ataupun tidak memegang bola;
  • Berbicara kasar atau memprovokasi lawan;
  • Terlalu menentang keputusan wasit;Membuang bola saat sudah dalam keadaan mati;Mengulur waktu, misalnya dengan cara berlama-lama saat ingin melakukan tendangan bebas;
  • Melakukan selebrasi gol secara berlebihan seperti melompat ke Tribun penonton atau melepas kaos;
  • Merusak properti di lapangan sepak bola;

Hukuman untuk pelanggaran dalam sepak bola bervariasi mulai dari tendangan bebas, kartu kuning, hingga kartu merah. Pemberian kartu kuning dilakukan jika seorang pemain telah melakukan pelanggaran yang dirasa membahayakan atau bisa memicu konflik dalam pertandingan sepak bola.

Sedangkan pemberian kartu merah bisa dilakukan jika pelanggaran tersebut tergolong berat atau sudah mendapatkan peringatan kartu kuning sebelumnya. Seorang pemain yang sudah mendapat kartu merah dalam sebuah pertandingan sepak bola tidak diperkenankan memperkuat tim di pertandingan selanjutnya.

Leave a Comment