Bet tenis meja

5 Jenis karet bet tenis meja

Bet tenis meja
Bet tenis meja

Tenis meja merupakan salah satu jenis olahraga yang unik. Olahraga yang menggunakan bet atau kayu yang dilapisi karet di kedua sisinya ini memang memiliki banyak penggemar meskipun tidak setenar sepakbola ataupun bulutangkis.

Salah satu komponen yang paling penting dalam permainan tenis meja adalah bet. Nah dalam bet tersebut ada karet yang memiliki berbagai macam karakter dan jenis berbeda-beda. Berikut beberapa jenis karakter karet bet tenis meja yang mungkin masih belum anda ketahui:

1. Karet inverted

Karet inverted merupakan jenis karet yang licin, di mana karet jenis ini sangat umum digunakan dalam permainan tenis meja. Biasanya karet inverted ada dua jenis yaitu jenis pertama inverted non cina dan yang kedua adalah inverted china.

Secara umum sebenarnya hampir sama akan tetapi perbedaannya terletak pada topsheet dari karet tersebut. Karet cina umumnya lebih lengket atau yang dikenal dengan istilah tacky. 

Karet yang lebih lengket ini biasanya memiliki putaran yang jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan karet non tacky. Meskipun memiliki kelebihan berupa putaran yang jauh lebih baik dibandingkan karet nontacky akan tetapi karet jenis ini juga memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan utama karet tacky adalah biasanya tidak bertahan begitu lama. Selain itu, karet bet tenis meja yang memiliki karakter seperti ini juga relatif lebih mudah kotor lantaran debu akan lebih banyak menempel. 

2. Karet anti spin

Sesuai namanya karet anti spin merupakan jenis karet bet tenis meja yang sangat minim dalam menghasilkan spin. Karet tenis meja semacam ini tentu bukan digunakan untuk menghasilkan spin melainkan menghalau spin dari lawan.

Karet anti spin secara umum sangat minim gesekan atau licin yang dikenal dengan istilah slicky. Dengan demikian maka pemakai karet ini dapat dengan mudah membalikkan spin berat dari lawan.

Secara umum karet antispin biasanya juga menghasilkan bola kosong atau tanpa putaran sehingga terkadang sangat menipu lawan. Selain lebih licin, sponge yang berada di belakang karet anti spin juga didesain khusus untuk bisa menyerap kecepatan bola, sehingga membuat bola spin yang datang tidak liar saat diblock menggunakan karet jenis ini.

3. Karet bintik pendek

Karet bintik pendek atau dikenal dengan istilah short pimple merupakan sejenis karet bet tenis meja yang memiliki pimple atau bintik di luar. Jika karet inverted biasanya memiliki bintik di dalam maka karet jenis ini justru memiliki bintik yang berada di luar.

Karet bintik secara umum memiliki beberapa jenis diantaranya adalah bintik panjang dan pendek. Selain itu, beberapa karet bintik juga tidak memiliki spon untuk menghasilkan bola yang jauh lebih tajam.

Karet bet tenis meja dengan bintik pendek ini pada umumnya bisa menghasilkan spin akan tetapi jauh lebih sedikit dengan apa yang bisa dilakukan oleh karet inverted. 

Karet bintik pendek sangat cocok digunakan oleh pemain yang biasanya lebih suka bermain jarak pendek. Bola yang dihasilkan biasanya datar atau sangat minim spin. 

Meskipun memiliki spin yang sangat sedikit, tetapi pukulan yang dihasilkan oleh karet bintik pendek ini umumnya lebih cepat dibandingkan karet inverted. Untuk menghasilkan kecepatan anda hanya perlu melakukan pukulan mendatar atau tanpa gesekan. Kekurangan utama karet jenis ini adalah sulit mengangkat bola yang rendah karena kurang maksimal dalam menghasilkan putaran.

4. Karet bintik panjang

Hampir sama dengan karet bintik pendek karet bintik panjang juga sama-sama merupakan jenis karet bet tenis meja yang memiliki karakter bertahan. Jika karet bintik pendek masih bisa menghasilkan putaran meskipun sedikit maka karet bintik panjang ini tidak bisa menghasilkan putaran sama sekali. Karet bet tenis meja jenis ini hanya menggunakan putaran lawan kemudian membalikkan nya dengan arah putaran yang berbeda.

Bola yang dihasilkan dari karet bintik panjang biasanya merupakan kebalikan dari bola lawan. Jika lawan menyerang dengan topspin maka pengembalian dari karet bintik ini menjadi backspin atau spin terbalik begitu juga sebaliknya. Jadi kalau anda masih belum terbiasa bermain dengan lawan yang menggunakan karet jenis ini pasti akan sedikit terkecoh.

5. Karet bintik tanpa spon

Hampir sama dengan karet bintik lainnya karet bintik jenis ini didesain untuk para pemain defender yang memiliki orientasi bertahan. Karet bintik tanpa spon biasanya menghasilkan bola yang lebih tajam dan sedikit lebih sulit.

Karet bintik tanpa spons umumnya juga bisa menghasilkan bola keriting sehingga bola terkesan seperti bergoyang. Salah satu kelebihan utama tipe karet bintik ini adalah bisa mengembalikan servis lawan dengan cukup mudah. Semakin sulit servis lawan maka akan semakin sulit pula saat bola tersebut kembali.

Leave a Comment